Welcome in My Blog

Hi,,,
Get your favorite story in my blog

Jumat, 09 April 2010

Pinokio


Geppetto, pembuat mainan anak-anak lama mendambakan seorang putra. Suatu hari ia memahat boneka anak laki-laki dari kayu. Dengan tak disangka, boneka tersenyum dan berdiri. "Saya menamaimu Pinokio," kata Geppetto, yang girang sekali ketika boneka mulai berbicara.

Geppetto mengajarkan Pinokio bagaimana berjalan dan sangat senang sekali dengan boneka barunya. Namun Pinokio sedih karena ia tidak seperti anak laki-laki dan perempuan lain. Oleh karena itu, Geppetto membelikan ia beberapa buku dan menyekolahkan guna belajar membaca dan menulis.

Namun Pinokio adalah boneka yang punya banyak keterbatasan dan mudah bingung. Ia mulai jenuh sekolah dan melarikan diri. Ia bertemu dengan serigala licik yang memberikan janji palsu. Srigala meminta uang Pinokio dan meninggalkannya. Pinokio diselamatkan oleh Peri Biru dan teman dokternya.

Pinokio menceritakan semua petualangannya kepada Peri. Namun ia tidak bisa menceritakan semuanya. Setiap kali Pinokio bohong, hidungnya semakin panjang! Betapa geli, jangkrik menertawakan Pinokio yang malang. Ketika pemahat kayu memendekkan hidung, Pinokio berjanji menceritakan kebenaran dan menjadi anak yang baik.

Pinokio kembali bersekolah tetapi tidak tahan lama. Ia menjadi anak ternakal di antara teman-teman di sekolah. Suatu hari ia kabur ke negeri Boneka di mana tidak ada pelajaran dan tugas. Pertama-ama, ia senang sekali, tetapi suatu hari Pinokio bangun ingin sekali menjadi keledai!

Anak yang datang ke negeri Boneka sebenarnya berubah menjadi keledai dan dijual ke sirkus. Pinokio kini berupa keledai pincang yang sedih dan tidak terpakai oleh pimpinan sirkus. Dengan demikian Pinokio dibuang ke laut. Pinokio berenang sambil melepaskan kulit keledai dan menepi ke daratan. Pinokio sedih dan putus asa. Ia ingin pulang, sehingga ia terus renang mencari toko boneka Geppetto.

Tiba-tiba ikan paus besar muncul dari gelombang laut. Rahang besar terbuka dan menelan Pinokio dalam satu tegukan! Pinokio ketakutan sampai ia mendengar suara yang telah dikenal. Itulah suara Geppetto, yang menjelaskan ia pergi ke laut mencari boneka nakal. Pinokio memberitahu Geppetto betapa menyesalnya ia telah melarikan diri. Dengan bantuan Peri Biru, keduanya keluar dari mulut ikan paus dan pulang ke rumah.

Pada malam hari, Pinokio terlelap tidur setelah berpetualang. Ia tidak sadar bahwa Peri Biru datang dan mengabulkan keinginannya. Di pagi hari ketika Pinokio bangun pagi, ia benar-benar telah berubah menjadi anak laki-laki betulan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar